Apakah QOLBU (HATI) itu ? Pikiran Bawah Sadar kah (?)

Seperti kita ketahui bahwa aspek mental dan keluasan hati merupakan aspek utama yang lebih hakiki dalam amal perbuatan Manusia. Ya … Keluasan Hati, yang kita maksud dengan hati adalah Qolbu (Kalbu/dlm bhs Indonesia). Lalu apa yang dimaksud dengan Qolbu (Kalbu/dlm bhs Indonesia) itu ? seberapa pentingnya Qolbu ?

Ya apakah Qolbu itu ?

Sebelum kita bahas apa itu Qolbu, seperti telah kita ketahui bahwa segala tindakan manusia di kendalikan oleh 'Pikiran'
yang berada dalam otak. Namun ‘Pikiran’ kita sangat dipengaruhi oleh apa-apa yang berada di dalam Qolbu. Jadi intisari dari segala Pikiran dan tindakan kita adalah Qolbu. Hal tersebut seperti yang telah di Firmankan Allah Ta’ala dalam Alqur’an surat Al Hajj ayat 4 sebagai beikut :

“Maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai hati yang dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telinga yang dengan itu mereka dapat mendengar? Karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta, ialah hati yang di dalam dada.” ( Al Hajj 46)

Diungkapkan pula dalam sebuah Hadits yang isinya sebagai berikut :

”Sesungguhnya di dalam jasad manusia terdapat segumpal darah/daging, apabila segumpal darah/daging itu baik maka baik pula sekalian anggota tubuh serta perbuatannya, sebaliknya apabila segumpal darah/daging itu buruk maka buruk pula sekalian anggota tubuh dan perbuatannya, segumpal darah/ daging itu adalah Qolbu”

Di dalam Alkitab umat Kristiani Banyak ayat yang menyebutkan dan membahas mengenai Hati ( ada sekitar 679 ayat ) yang antara lain :

Ams. 4:23 Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.

Rm. 10:10 Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.

Ams. 16:5 Setiap orang yang tinggi hati adalah kekejian bagi TUHAN; sungguh, ia tidak akan luput dari hukuman.

Mal 4:6 Maka ia akan membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati anak-anak kepada bapa-bapanya supaya jangan Aku datang memukul bumi sehingga musnah.

Lalu apa sebenarnya Qolbu ? di mana letak Qolbu ? Qolbu banyak di artikan sebagai Hati, dan orang-orang (para pakar) Sumerian Asyirian berpendapat bahwa Qolbu yang mempengaruhi Pikiran adalah Hati (liver), pendapat ini berkembang di daerah selatan dan banyak di ikuti oleh orang-orang Asia. Namun pendapat tesebut di bantah oleh Aristoteles, dia mengatakan bahwa jantung (heart) yang mempengaruhi pikiran dan ini berkembang di daerah utara yang di ikuti oleh masyarakat di Eropa..

Sedang kita orang Indonesia sebagai orang Asia yang lama di jajah oleh orang Eropa (Portugis, Inggris, Belanda) menjadi rancu. Kita Bilang hatiku deg-degan sambil memegang dada tepat di bagian jantung yang memang detaknya bertambah keras dan kencang. Kita mengenal istilah jatuh hati untuk mengatakan falling love (jatuh cinta), dan kita menyebut pujaan hati sebagai Jantung Hati-ku.

Kita mengenal istilah-istilah Hati Nurani, Hati Kecil, Mata Hati, Hati Sanubari, Perasaan, Emosi, dan lain sebagainya untuk menunjukkan bagian lain Akal Pikiran Logika kita yang mendasar. Kita tahu ada sesuatu yang mempengaruhi Akal Pikiran Logika kita.

Dari Hati lah terpancar kehidupan dan sesungguhnya segala amal (perbuatan) itu tergantung niat-nya. Dan letak Niat itu ada di HATI. Jati diri manusia dapat dilihat secara indrawi dengan melihat perilaku dan perangai seseorang, karena perilaku seseorang, perangai seseorang, merupakan cerminan dari HATI-nya. Sehingga untuk mengenal diri kita, kita harus memulainya dengan mengenal Hati kita sendiri. Barang siapa mengenal dirinya ia mengenal Tuhannya.

Dari pembahasan singkat mengenai Qolbu (Hati) di atas kita ketahui bahwa ada dua pengertian tentang Hati ini yaitu :

1. Qolbu (Hati) Jasmaniyah
Qolbu sebagai suatu bagian dari anatomi tubuh yang berupa segumpal darah/daging. Qolbu jasmaniah dalam pengertian ini, ada yang mengartikan liver, ada pula berpendapat Heart atau bahkan ada juga berpendapat Qolbu adalah otak kecil. Maka Binatang juga memilikinya, bahkan orang yang telah matipun memilikinya (sebagai bagian dari anatomi). Sebagai bagian dari anatomi maka manusia masih bisa betahan hidup meskipun Liver-nya telah rusak, Jantungnya bisa di cangkok diganti mesin pompa. Pikiran tidak befungsi (Amnesia), tetapi malfungsi dari anatomi ‘Qolbu’ tersebut tidaklah menyebabkan perbuatan seseorang menjadi rusak (tidak baik/jahat). Inilah Pengertian Qolbu secara jasmaniah/lahiriyah.

2. Qolbu (Hati) Ruhaniyyah
Qolbu (Hati) dalam pengertian Ruhaniyyah inilah yang merasa, mengerti, dan mengetahui. Disebut pula hati latifah (yang halus) atau hati robbaniyyah. Dan pengertian Qolbu secara ruhaniyyah inilah yang sangat penting dan paling hakiki dalam menentukan segala rasa, akal budi, pikiran dan tindakan manusia. Begitu pentingnya sehingga Imam Al Ghazali dalam Ihya Ullumudin membahas mengenai Qolbu ini dalam bab tersendiri. Demikian pula Aa' Gym dalam pengajaran selalu mengedepankan Manajemen Qolbu.

Sementara menurut ahli yang mempelajari Mindtech (Mind Technology/Teknologi Pikiran) mengatakan bahwa ‘Pikiran’ kita terdiri dari ‘Pikiran Sadar’ dan ‘Pikiran Bawah Sadar’. Dan Justru 88% Pikiran Bawah Sadar sangat menentukan segala tindakan kita dan hanya 12% pengaruh Pikiran Sadar kepada tindakan kita (nanti akan kita bahas lebih panjang lebar mengenai Pikiran). Lalu apakah Qolbu sama dengan Pikiran Bawah Sadar ?

Semoga bermanfaat.
Surya Hidayatullah Al-Mataromi :  http://cerminrefleksi.blogspot.com/ 




Silahkan mengutip dan/atau mempublikasikan sebagian atau seluruh artikel di Blog ini dengan menyebut sumber-nya. terimakasih.

Artikel Terkait :
  1. Otak yang Luar Biasa (1)   
  2. Otak yang Luar Biasa (2)   
  3. Keajaiban Pikiran (1) 
  4. Keajaiban Pikiran (2) 
  5. Apakah QOLBU itu ? Hati, Jantung atau Otak ? 


    3 komentar:

    1. JAdi sebenarnya Qolbu itu apa ? Otak, Jantung atau Liver ? karena di QS Al Hajj : 40 disebutkan sebagai yang ada di dalam dada ? mohon penjelasan.... terima kasih.

      BalasHapus
    2. Ass. Wr. Wb...... Bapak mohon bisa dijelasin lebih gamblang lagi... Qolbu itu yang di dalam dada atau di dalam kepala ? dan tolong juga dalil-dalil (Al-Qur'an dan As-Sunah) yang berkenaan dengan Qolbu. Terima kasih.

      BalasHapus
    3. Wa'alaikum salam Warohmatullahi wa barokatuh...
      Sdri Astried dan Sdri Sofia. Insya Allah akan saya postingkan pembahasan mengenai Qolbu agar lebih mudah dipahami.... Wassalam.

      BalasHapus