Otak yang Luar Biasa (1)

Sebelum kita mempelajari apa itu ‘Pikiran’ dan bagaimana menggunakan kekuatan pikiran (MindPower) untuk mencapai kesuksesan dalam kehidupan, kita coba membicarakan dulu tentang OTAK. Karena di dalam Otaklah pikiran berada, berasal dan tercipta. Pikiran merupakan hasil karya otak (dan Qolbu). Dan dengan pikiran itulah tindakan atau perbuatan kita bisa terlaksana.

Otak manusia adalah salah satu bagian dari sebuah sistem besar yaitu Sistem Saraf (Nervous System). Sistem Saraf terbagi menjadi dua yaitu :

  1. Sistem Saraf Pusat (Central Nervous System) yang terdiri dari Sumsum tulang belakang dan Otak. Sumsum tulang belakang berfungsi untuk mengendalikan semua gerakan reflek, sedangkan kegiatan lainnya di kendalikan oleh otak.
  2. Sistem Saraf Tepi (Peripheral Nervous System) terdiri dari dua bagian yaitu Sistem Saraf Somatik dan Sistem Saraf Otonom. Sistem Saraf Somatik bertanggungjawab terhadap kendali dari sistem saraf motorik dan sistem saraf sensorik. Sedangkan Sistem Saraf Otonom berfungsi menghubungkan sistem saraf pusat dengan kelenjar endoktrin, untuk menjaga keseimbangan biokimiawi dalam tubuh.

Otak manusia dewasa beratnya hanya sekitar 1.3 Kg sampai dengan 1.75 Kg, bentuknya jelek berkerut-kerut seperti kulit jeruk purut atau seperti kacang walnut yang mengkerut. Otak Terbuat dari 75% - 80% air, 10% lemak dan 8% protein serta materi lainnya, terdiri dari 100 milyar neuron (sel terkecil otak) dengan trilyunan koneksi melalui dendrit dan axon, juga terdapat celah kecil yg disebut synapsis.

Masing-masing neuron bisa saling berkomunikasi melalui satu atau lebih dari satu hubungan. Sekali terbentuk hubungan antar neuron maka hubungan tersebut akan diperkuat oleh adanya pengulangan-pengulangan hubungan tersebut. Semakin banyak terjadi pengulangan maka semakin kuat hubungan antar neuron tersebut. Dalam kehidupan sehari-hari jika kita sering berlatih mengerjakan soal latihan matematika maka semakin lama kita akan semakin mudah dan cepat mengerjakan soal matematika, karena hubungan antar neuron diperkuat oleh pengulangan.

Meskipun otak manusia suatu struktur kesatuan dan tidak bisa dianggap sebagai konponen yang terpisah. Otak adalah struktur kesatuan yang setiap bagiannya berperan sebagai satu kesatuan fungsi keseluruhan. Tetapi untuk mempermudah pembahasan maka otak dibagi menjadi 3 (tiga) bagian utama yaitu :
  1. Otak Depan/Besar (Otak Manusia), terdiri dari Cerebrum dan Diensefalon, merupakan bagian terbesar otak manusia yang dilapisi Cortex sehingga bagian ini sering disebut dengan Cortex Cerebri atau Cortex (selanjutnya kita sebut Cortex saja).
  2. Otak Belakang/Kecil (Otak Reptilia), terdiri dari Cerebelum termasuk Pons dan Medulla oblongata (Batang Otak).
  3. Otak Tengah/Lymbic System/Sistim Limbik (Otak Mamalia), terdiri dari Hippocampus (Hipokampus), Hypothalamus (Hipotalamus) dan Amygdala (Amigdala)
Otak Besar atau Korteks berdasarkan fungsinya para ahli membagi menjadi 4 (empat) bagian yang disebut Lobus (lobe) masing-masing adalah :
  1. Lobus Frontal, pusat fungsi intelektual yang lebih tinggi, seperti kemampuan berpikir abstrak dan nalar, motorik bicara (area broca di hemisfer kiri), pusat penghirup. Pusat pengontrolan gerakan volunter di gyrus presentralis (area motorik primer). Didalamnya terdapat area asosiasi motorik (area premotor)
  2. Lobus Parietal, pusat kesadaran sensorik di gyrus postsentralis (area sensorik primer) terdapat area asosiasi sensorik.
  3. Lobus Oksipital, merupakan lobus terkecil sebagai pusat penglihatan dan area asosiasi penglihatan. Berfungsi juga menginterpretasi dan memproses rangsang penglihatan dari nervus optikus dan mengasosiasikan rangsang ini dengan informasi saraf lain dan memori.
  4. Lobus Temporal, Sebagai pusat pendengaran dan berperan dalam pembentukan dan perkembangan emosi.
Semoga bermanfaat.
Surya Hidayatullah Al-Mataromi :  http://cerminrefleksi.blogspot.com/ 





Silahkan mengutip dan/atau mempublikasikan sebagian atau seluruh artikel di Blog ini dengan menyebut sumber-nya. terimakasih.


Artikel Terkait : 
  1. Apakah QOLBU (HATI) itu ? Pikiran Bawah Sadar kah (?)  
  2. Apakah QOLBU itu ? Hati, Jantung atau Otak ? 
  3. Otak yang Luar Biasa (2)   
  4. Keajaiban Pikiran (1) 
  5. Keajaiban Pikiran (2) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar