Apakah QOLBU itu ? ( Ciri-ciri menurut Al Qur'an )

Dalam postingan terdahulu kita sudah membahas mengenai kata 'hati' di dalam kitab terjemahan Al Qur'an bahasa Indonesia. Kata 'hati' dipakai untuk menterjemahkan kata af-'ida (fu-'ada), shudur, dan juga untuk kata nafs. Namun kata-kata tersebut di dalam ayat lain juga diterjemahan dengan kata yang berbeda. Hal tersebut bukanlah suatu kesalahan karena terjemahan (lebih tepatnya tafsir) tergantung dari kontek ayat yang dimaksud (baca "Apakah QOLBU itu ? Hati, Jantung atau Otak ?")


Seperti sudah kita ketahui bahwa pengertian Qolbu ada dua yakni, Qolbu jasmaniah (phisik) dan Qolbu Ruhaniah/Latifah (Psikis). Tapi tentu saja kedua pengertian tersebut bukannya tidak ada hubungannya sama sekali, justru sangat erat kaitannya. Seperti pengertian antara pikiran dan otak, keduanya berbeda namun sangat erat hubungannya. Namun di dalam Al-Qur'an memang arti/makna Qolbu lebih pada pengertian Qolbu Latifah. (baca "Apakah QOLBU (HATI) itu ? Pikiran Bawah Sadar kah ?")

Dalam postingan kali ini kita tidak akan mempermasalahkan terjemahan dari kata Qolbu ke dalam bahasa Indonesia, namun lebih pada memahami apa yang dimaksud dengan Qolbu di dalam Al-Qur'an.  Kita akan coba telaah apa dan bagaimana Qolbu menurut Al-Qur'an. Pada postingan mengenai Qolbu yang pertama, kita telah kutip Ayat Al-Qur'an Surat Al Hajj [22] ayat 46 :

 أَفَلَمْ يَسِيرُوا فِي الأرْضِ فَتَكُونَ لَهُمْ قُلُوبٌ يَعْقِلُونَ بِهَا أَوْ آذَانٌ يَسْمَعُونَ بِهَا فَإِنَّهَا لا تَعْمَى الأبْصَارُ وَلَكِنْ تَعْمَى الْقُلُوبُ الَّتِي فِي الصُّدُورِ


diterjemahkan sebagai berikut :

maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai hati (qolbu) yang dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telinga yang dengan itu mereka dapat mendengar? Karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta, ialah hati (qolbu) yang di dalam dada (shudur/kesadaran).

Dari ayat di atas kita dapat ketahui bahwa Qolbu memiliki ciri (potensi) untuk dapat memahami sesuatu. Ciri-ciri Qolbu yang lain yang disebutkan dalam Al-Qur'an antara lain adalah :

  • Qolbu dapat tertutup dan terkunci rapat (mati dan tidak berfungsi), terdapat dalam Surat Al Baqarah [2] ayat 7 :
خَتَمَ اللَّهُ عَلَى قُلُوبِهِمْ وَعَلَى سَمْعِهِمْ وَعَلَى أَبْصَارِهِمْ غِشَاوَةٌ وَلَهُمْ عَذَابٌ عَظِيمٌ
  • yang diterjemahkan sebagai berikut :   

    Allah telah mengunci-mati hati dan pendengaran mereka, dan penglihatan mereka ditutup.  Dan bagi mereka siksa yang amat berat.

    • Qolbu dapat menolak/membenci sesuatu, terdapat dalam Surat At Taubah [9] ayat 8, yang diterjemahkan sebagai berikut  :

      Bagaimana bisa (ada perjanjian dari sisi Allah dan Rasul-Nya dengan orang-orang musyrikin), padahal jika mereka memperoleh kemenangan terhadap kamu, mereka tidak  memelihara hubungan kekerabatan terhadap kamu dan tidak (pula mengindahkan) perjanjian. Mereka menyenangkan hatimu dengan mulutnya, sedang hatinya menolak. Dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik (tidak menepati perjanjian).

    • Qolbu dapat berpaling (dari kebenaran), terdapat dalam Surat At Taubah [9] ayat 117, yang diterjemahkan sebagai berikut  :

      Sesungguhnya Allah telah menerima tobat Nabi, orang-orang muhajirin dan orang-orang Anshor, yang mengikuti Nabi dalam masa kesulitan, setelah hati segolongan dari mereka hampir berpaling, kemudian Allah menerima tobat mereka itu. Sesungguhnya Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang kepada mereka.

    • Qolbu dapat ingkar (terhadap Allah SWT), terdapat dalam Surat An Nahl [16] ayat 22, yang diterjemahkan sebagai berikut  :

      Tuhan kamu adalah Tuhan Yang Maha Esa. Maka orang-orang yang tidak beriman kepada akhirat, hati mereka mengingkari (ke-Esa-an Allah), sedangkan mereka sendiri adalah orang-orang yang sombong.

    • Qolbu dapat tunduk/ditundukkan, terdapat dalam Surat Al Hajj [22] ayat 54, yang diterjemahkan sebagai berikut  :   

      dan agar orang-orang yang telah diberi ilmu, meyakini bahwasanya Al Qur'an itulah yang hak dari Tuhanmu lalu mereka beriman dan tunduk hati mereka kepadanya, dan sesungguhnya Allah adalah Pemberi petunjuk bagi orang-orang yang beriman kepada jalan yang lurus.

    • Qolbu dapat niat/sengaja/memutuskan untuk  melakukan/berbuat sesuatu, terdapat dalam Surat Aa Ahzab [33] ayat 5, yang diterjemahkan sebagai berikut  :

      ............ Dan tidak ada dosa atasmu terhadap apa yang kamu khilaf padanya, tetapi (yang ada dosanya) apa yang disengaja oleh hatimu. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

    • Qolbu dapat kecewa/kesal, terdapat dalam Surat Az Zumar [39] ayat 45, yang diterjemahkan sebagai berikut  : 

      Dan apabila hanya nama Allah saja yang disebut, kesallah hati orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat; dan apabila nama sembahan-sembahan selain Allah yang disebut, tiba-tiba mereka bergirang hati.

    • Qolbu dapat berprasangka buruk, terdapat dalam Surat Al Fath [48] ayat 12, yang diterjemahkan sebagai berikut  :

      Tetapi kamu menyangka bahwa Rasul dan orang-orang mukmin tidak sekali-kali akan kembali kepada keluarga mereka selama-lamanya dan setan telah menjadikan kamu memandang baik dalam hatimu persangkaan itu, dan kamu telah menyangka dengan sangkaan yang buruk dan kamu menjadi kaum yang binasa.
       
    • Qolbu dapat diuji, terdapat dalam Surat Al Hujarat [49] ayat 3, yang diterjemahkan sebagai berikut  :

      Sesungguhnya orang-orang yang merendahkan suaranya di sisi Rasulullah mereka itulah orang-orang yang telah diuji hati mereka oleh Allah untuk bertakwa. Bagi mereka ampunan dan pahala yang besar.
       
    Demikian ciri-ciri Qolbu yang terdapat beberapa Ayat di dalam Al-Qur'an. Insya Allah pada postingan yang akan datang kita telaah ciri-ciri Qolbu berdasarkan apa yang ada (isi/kandungan) di dalam Qolbu seperti yang disebutkan dalam beberapa ayat dalam Al-Qur'an.

    Hasil kompilasi dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat.
    Surya Hidayatullah Al-Mataromi :  http://cerminrefleksi.blogspot.com/ 





    Silahkan mengutip dan/atau mempublikasikan sebagian atau seluruh artikel di Blog ini dengan menyebut sumber-nya. terimakasih.

    Artikel Terkait : 
    1. Apakah Qolbu itu ? Hati, Jantung atau Otak ?
    2. Apakah QOLBU (HATI) itu ? Pikiran Bawah Sadar kah (?)  
    3. Otak yang Luar Biasa (1)   
    4. Otak yang Luar Biasa (2)   
    5. Keajaiban Pikiran (1) 
    6. Keajaiban Pikiran (2) 

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar