Mangkene sabda sawijine Pujangga kaloka :

(Demikian Sabda salah satu Pujangga tersohor)

Kali ini kami postingkan beberapa nasehat dari budaya dan sastra Jawa yang telah disabdakan oleh para pujangga yang tersohor di tanah Jawa. Kami coba posting beberapa nasihat para leluhur jawa dalam hal kehidupan bermasyarakat, Semoga postingan ini bisa menjadi inspirasi dan membawa kesuksesan kita dalam hidup bermasyarakat. Sengaja saya tetap tuliskan bahasa Jawanya, karena ruh bahasa Jawa kadang bukan pada apa yang tertulis atau apa yang terucap tetapi ruh yang sebenarnya berada di dalam apa yang tersirat. Oleh karena itu mungkin terjemahan dalam bahasa Indonesia yang saya sertakan kurang tepat bahkan mungkin tidak mampu memunculkan makna yang sebenarnya. Mohon pencerahannya. Tapi apapun kondisinya semoga bermanfaat.

Kautamaning Bebrayan [1] :

Ora ana wong kang ingaranan urip, kajaba kang mikir sarta tresno marang wong kang ringkih lan nandhang papa cintraka. Bisa melu ngrasakake kasusahane sarta lara lapane liyan. Kanthi pangrasa kang koyo mangkono mau ateges bisa nggadhuh kekuwatan kang tanpa wates, perlu kanggo mitulungi sapadha-padha kang kahanane luwih nrenyuhake katimbang diri pribadine. Pakarti mono darbek kita dhewe, ananging wohe pakarti mahu dadi kagungan Kang Gawe Urip.

Keutamaan Hidup bermasyarakat [1] :

Tiada orang yg dikatakan hidup, kecuali ikut memikirkan dan mengasihi orang yg lemah dan sedang sengsara. Bisa ikut merasakan kesedihannya dan derita orang lain. Dengan rasa spt itu berarti bisa memiliki dan memanfaatkan kekuatan yg tanpa batas, untuk menolong sesama yg kondisinya lebih memprihatinkan dari pada dirinya sendiri. Amal/perbuatan seperti itu adalah milik kita sendiri, tetapi buah dari perbuatan/amal menjadi milik Yang Menguasai Hidup.

Kautamaning Bebrayan [2] :


Wong kang mawas diri iku wong kang bisa manjing ajur ajer, ngerti empan papan laras karo reh swasana sakupenge tanpa ninggalake subasita. Paribasane wong kang ngadisarira aja mung kalimput edining busana bae, nanging bisa-wa tansah mersudi marang padhanging semu lan manising wicara tanpa nglirwa-ake marang alus lan luwesing solah bawa.


Keutamaan Hidup bermasyarakat [2] :


Orang yang mawas diri ialah orang yang mampu berbaur sepenuh hati, memahami tempat dan menyelaraskan dengan suasana lingkungan tanpa meninggalkan sopan santun. Ibarat seperti orang yang berpakaian jangan hanya tergiur oleh indahnya pakaian saja, tetapi harus bisa juga memancarkan keindahandari dalam dan manisnya cara berbicara tanpa harus meninggalkan keanggunan tingkah laku.


Kautamaning Bebrayan [3] :

Kacandhake sawijining idam-idaman iku ora cukup mung disawang moncer lan pepaking ilmu lan kaweruh bae. Nanging ana syarat kang ora kena kalirwakake, yaiku kapinteran ing babagan sesrawungan. Sapa kang bisa tumindak ajur ajer lan bisa nuwuhake rasa resep marang liyan, prasasat wis enthuk pawitan kanggo nandangi sakehing pagaweyan apadene nggayuh idam-idamanane.

Keutamaan Hidup bermasyarakat [3] :


Tercapainya suatu cita-cita itu tidk hanya cukup dipandang dari kehebatan dan banyaknya ilmu serta pengetahuan saja. Tetapi ada syarat yang tidakbisa ditinggalkan, yaitu kepandaian dalam hal pergaulan (bermasyarakat). Siapa yang bisa melebur dengan sepenuh hati dan bisa menumbuhkan rasa nyaman terhadap orang lain, berarti sudah mendapatkan modal dasar untuk berkarya dan juga menggapai cita-citanya.

Kautamaning Bebrayan [4] :


Nindakake kabecikan mono ora mesthi kudu cucul ragad, nanging bisa ditindakake sarana pakarti-pakarti liyane sing sejatine akeh banget carane. Sauger bisa gawe senenging liyan, upamane wae mawa ulat sumeh tangkep srawung kang sumanak, bisa manjíng ajur-ajer ing madyaníng bebrayan, lan bisa dadi patuladhan laku utama. Kabeh mau kalebu ewoning tindak kabecikan kang ajine ngeluwihi wragad dedana banda driya kang diwenehake utawa dipotangake, apamaneh lamun anggone menehi utawa ngutangi iku sinamudana kebak pamríh.


Keutamaan Hidup bermasyarakat [4] :


Melakukan kebaikan itu tidak harus mengeluarkan biaya, tetapi bisa dilaksanakan dengan perbuatan-perbuatan lainnya yang sebenarnya banyak sekali caranya. Asal bisa bikin senangorang lain, umpamanya dengan wajah ceria penuh senyuman, supel dalam pergaulan, bisa menyatu dan berbaur ditengah masyarakat, dan bisa menjadi teladan tindak utama. Semua itu termasuk diantara ribuan tindakan kebaikan yang lebih berharga dari pada harta benda yang diberikan/disumbangkan atau dipinjamkan, apalagi jika dalam memberikan atau meminjamkan ternyata penuh dengan pamrih (ada udang dibalik batu).

 
Kautamaning Bebrayan [5] :

Yen jeneng sira arep rembugan, pikiren luwih dhisík tetembungan síng arep jeneng sira thokake. Apa wis ngenggoni telung perkara : bener, manis, lan migunani. Ewa semono sing bener iku isih perlu dithinthingi maneh yen gawe gendrane liyan prayoga wurungna. Dene tembung manis mono ora duwe pamríh, pamrihe bisa gawe senenge liyan kang tundhane migunani tumrap jagading bebrayan.

Keutamaan Hidup bermasyarakat [5] :

Kalau kalian mau bicara, pikirkan terlebih dahulu kata atau kalimat yang akan kalian ucapkan. Apakah sudah termasuk dalam katagori : Benar, manis dan bermanfaat. Meskipun demikian yang benar itu pun masih perlu diteliti lagi, kalau hanya mengakibatkan gerah orang lain lebih baik dibatalkan. Sedangkan kalimat yang manis itu tiada pamrih, pamrihnya hanya ingin membuat orang lain senang yang akhirnya bermanfaat bagi dunia pergaulan bermasyarakat.

selanjutnya ..... klik di sini....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar